sekilas

profil kampus

ulasan

SEKILAs PROFIL

Fakultas Pertanian Universitas Moch. Sroedji Jember, merupakan salah satu Fakultas  di bawah naungan Yayasan Pendidikan Moch. Sroedji Jember yang mendirikan Perguruan Tinggi dengan nama Universitas Moch. Sroedji Jember yang bertempat di Jember, pada tanggal 2 Mei 1981 dengan Akta Notaris No. : 10 tahun 1981 dan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I No. 17/O/1983 Jo 0395/O/1986. Fakultas Pertanian Universitas Moch. Sroedji Jember telah berperan aktif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk membantu mengatasi berbagai persoalan bangsa dan mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat dan memelihara kelestarian lingkungan yang dilandasi dengan nilai-nilai ke pahlawanan Letnan Kolonel Moch. Sroedji Jember. Pada awal tahun 2001 Fakultas Pertanian masih terakreditasi dengan peringkat C, dengan semangat dan kerja keras para civitas akademika Fakultas Pertanian pada tahun 2004 telah mengajukan reakreditasi dengan hasil yang sangat menggembirakan dengan peringkat B sesuai dengan SK BAN DIKTI No.12/BAN-PT/Ak-VII/S1/IV/2004.  Dengan harapan bahwa dengan peringkat B ini Fakultas Pertanian dapat mengembangkan institusi ke arah yang lebih berkualitas.

Sumberdaya manusia Fakultas Pertanian sampai tahun 2013 jenjang pendidikan tenaga edukatif 100 % telah berpendidikan Magister (S2).Hal ini merupakan kebanggaan dari institusi untuk memenuhi standar kualitas penyelenggaraan pendidikan sarjana S1. Dengan harapan di tahun yang akan datang tenaga edukatif Fakultas Pertanian untuk diarahkan  ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu program Doktor (S3).

MARI BERGABUNG DENGAN KAMI

KERJA SAMA

Kerjasama Fakultas Pertanian dengan institusi lain terutama dengan dunia usaha (stakeholder) telah terjalin dengan baik yaitu dengan Sang Hyang Sri (BUMN), PT. East West Seed Indonesia Jember, Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka), PTP Mrawan, Kebun Anggur dan Salak  Tabanan Bali, Perguruan Tinggi Negeri (Unej) Jember, Politeknik Jember untuk pengembangan kualitas belajar dan mengajar baik mahasiswa maupun tenaga edukatif. Diharapkan pada masa mendatang, Fakultas Pertanian Universitas Moch. Sroedji Jember dapat menghasilkan mutu lulusan, mutu proses penyelenggaraan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat  dengan (1) Tanggung jawab dan intelektual tinggi, (2) Memahami pembangunan pertanian berkelanjutan, (3) Memahami era globalisasi (4) Memahami kewirausahaan (5) Berperan dg percaya diri dalam lingkungan kerja (6) Memiliki kemampuan beradaptasi dengan berbagai perubahan dan (7) Mampu bekerjasama dengan institusi lain.

STRATEGI FAKULTAS PERTANIAN

Penyusunan Rencana Strategis Fakultas Pertanian Universitas Moch. Sroedji Jember 2011-2015 diawali dengan evaluasi diri untuk melihat kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang kemudian digunakan dalam menyusun isu strategis. Dengan mengacu isu strategis Universitas Moch. Sroedji Jember 2009-2013, maka rencana strategis Fakultas Pertanian Universitas Moch. Sroedji Jember 2013-2017 juga berpedoman pada tiga isu utama yaitu (1) penyehatan organisasi, (2) otonomi, dan (3) peningkatan daya saing. Isu penyehatan organisasi ditetapkan karena organisasi yang sehat menjadi prasyarat utama untuk dapat berkontribusi pada kebebasan akademik, inovasi dan kreativitas, mendorong efisiensi, efektivitas, dan tanggung jawab organisasi, dan menjadikan perguruan tinggi sebagai aset bukan sebagai beban. Otonomi diharapkan memberikan peluang untuk akselerasi dan ruang gerak bagi dinamika perkembangan akademik ditingkat Jurusan dan administratif di tingkat Universitas didukung fungsi koordinatif di tingkat Fakultas. Isu peningkatan daya saing dilaksanakan dengan mendorong program/ disiplin ilmu yang dapat menaikkan daya saing melalui peningkatan kualitas dan relevansi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

0 +
PENELITIAN
0
KKN
0 +
MAHASISWA
0
DOSEN